Selasa, 22 Februari 2011

Merchandise Madrid dan Barcelona Paling Laris

Madrid - Selain sponsor, hak siar dan juga tiket pertandingan, pemasukan klub-klub Eropa juga datang dari penjualan merchandise. Untuk musim lalu Real Madrid dan Spanyol jadi klub Benua Biru dengan nilai penjualan merchandise tertinggi.

Berdasarkan laporan yang dibuat Sport+Markt and PR Marketing, sebagaimana dimuat di Reuters, lima kompetisi lokal teratas di Eropa berhasil mengeruk pemasukan sebesar 631 juta euro hanya dari penjualan mercendise dan lisensi pada musim 2009/2010 lalu. Lima kompetisi liga tersebut adalah Spanyol, Inggris, Jerman, Italia dan Prancis.

Total pemasukan yang didapat klub La Liga tercatat sebesar 190 juta euro. Dari jumlah tersebut 80% di antaranya menjadi milik Barcelona dan Madrid.

Sementara di Liga Primer Inggris pembagiannya lebih merata, dengan total pemasukan mencapai sebesar 168 juta euro. Diikuti kemudian oleh klub-klub Bundesliga yang meraup 130 juta eruo.

Dari Seri A, pemasukan klub dari penjualan merchandise mencapai jumlah 77 juta euro. Sedangkan Ligue 1 di Prancis mengoleksi 67 juta euro.

"Ledakan merchandisedi sepakbola Eropa masih terus berlangsung. Namun, terutama di liga yang belum mapan, bisa mengharapkan peningkatan yang signifikan karena mereka perlahan mulai mengetahui pentingnya merchandise klub dalam manajemen brand," sahut Peter Rohlmann dari PR Marketing.

Hasil penelitian tersebut di atas datang dari survei yang dilakukan terhadap 182 klub papan atas plus melibatkan 10.000 orang dari 10 negara. Disebutkan juga kalau dari lima kompetisi papan atas Eropa tersebut berhasil dijual replika jersey sebanyak 13,7 juta lembar.

Adidas dan Nike mendominasi dengan total meraup 83%. Sementara 34 produsen jersey lainnya mampu menjual sebanyak 2,3 juta jersey.

Berikut daftar 10 klub dengan pendapatan retail terbesar:

1. Real Madrid
2. Barcelona
3. Liverpool
4. Bayern Munich
5. Olympique Marseille
6. Manchester United
7. AC Milan
8. Inter Milan
9.Olympique Lyon
10. Fenerbahce

0 komentar:

Posting Komentar


Extended Network Banners
Online Now Icons
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger