Minggu, 06 November 2011

Linux OpenSuse Dengan Tampilan Windows7

Secara umum saya pribadi tidak memiliki kendala berarti dengan sistem menu dan berbagai macam tampilan sistem Linux, apalagi sekarang tampilan Linux memiliki berbagai variasi yang menarik. Hal berbeda saya alami  sewaktu masih bekerja di Tanjung Priok dan melakukan migrasi sistem dari Windows ke Linux, ada beberapa kendala minor terkait dengan tampilan yang dianggap berbeda dengan tampilan Windows.
Untuk mengatasi hal seperti itu biasanya saya menggunakan sedikit trik, antara lain dengan mengganti baju (tampilan) Linux menjadi mirip dengan Windows. Untuk contoh kali ini saya menggunakan Linux openSUSE 11.4 64 bit dengan desktop environment Gnome. Hal yang sama sudah saya ujicoba pada Linux Fedora, LinuxMint dan Ubuntu, panduannya akan saya tuliskan pada artikel selanjutnya.

Bagi rekan-rekan yang bermaksud melakukan hal yang sama, silakan ikuti panduan berikut ini :

  1. Download file themes untuk Windows 7 melalui link berikut ini : http://mirror.linux.or.id/linux/etc/. Ambil file Win2-7Pack_v6.5_Multilang_Aero.tar.lzma.
  2. Ekstrak ke folder lokal  dengan memilih menu Klik kanan, Extract Here.
  3. Jalankan file GUIInstall.sh. Hati-hati jangan tertukar dengan file GUIUninstall.sh :-P
  4. Ikuti wizard yang diberikan. Saya mendapat peringatan bahwa ada kemungkinan themes ini tidak cocok dengan openSUSE 11.4 karena developernya melakukan testing pada openSUSE versi sebelumnya. Meski demikian saya proof test tidak ada masalah
  5. Dalam sekejap, tampilan akan berubah menjadi model Windows 7. Hanya satu yang belum berubah yaitu menu Start. Silakan logout untuk memastikan update tampilan yang dilakukan



Khusus untuk start menu, silakan ikuti panduan berikut untuk mengubahnya agar semakin mirip dengan model menu Windows 7 :
    1. Buka Open Build Services (OBS) : http://software.opensuse.org/search
    2. Klik pada pilihan Search Options dan berikan tanda centang pada pilihan Include users’ home projects
    3. Ketik “Gnomenu” pada kotak pencarian (tanpa tanda kutif)
    4. Pilih 1-Click-Install
    5. Jika sudah selesai terinstall, klik kanan pada bagian panel bar, kemudian pilih “Add to Panel”, pilih Gnomenu
    6. Klik kanan pada Gnomenu yang baru ditambahkan, pilih properties dan lakukan setting sesuai keinginan. Lihat pada contoh gambar berikut :
Lumayan untuk membuat para fans Windows di kantor beradaptasi dengan Linux secara bertahap.
Beberapa rekan yang skeptis bilang ke saya, “Nggak sanggup beli Windows ya, sampai-sampai menyamarkan tampilan” :-P . Saya menerima pendapat itu dengan baik karena memang demikian adanya, hehehe…

0 komentar:

Posting Komentar


Extended Network Banners
Online Now Icons
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger