Sabtu, 21 Mei 2011

Alat Pelacak Lokasi Penembak Jitu Musuh | Sniper | Boomerang Warrior-X

Sebenarnya saya agak miris mau posting tentang up date teknologi kali ini, karena berita ini merupakan kemajuan teknologi militer yang akan menghancurkan saudara-saudara kita di Afghanistan sana..Berita terkini ilmuan asal Inggris berhasil menemukan alat pelacak lokasi penembak jitu pasukan musuh. tahu artinya ? jadi para tentara sekutu akan minim sekali terkena para sniper musuh.
Berikut ulasan lengkap dari vivanews dan mediaindonesia
Inggris saat ini tengah menguji sebuah senjata revolusioner yang dapat melacak lokasi penembak jitu pasukan musuh dengan cepat dan akurat dari jarak 1.000 yards atau sekitar 900 m. Seperti dikutip dari DailyMail, perangkat kecil ini sudah dikembangkan oleh ilmuwan yang bekerja pada lab rahasia Defence Science and Technology Laboratory di Wiltshire, Inggris.
Perangkat bernama Boomerang Warrior-X itu mampu mendeteksi lokasi penembak jitu dengan cepat, sehingga pasukan Inggris akan bisa menyerang balik penembak jitu tadi. 

102540 seorang serdadu mengenakan boomerang warrior x 300 225 Alat Pelacak Lokasi Penembak Jitu Musuh | Sniper | Boomerang Warrior X
Detektor ini menggunakan teknologi pemrosesan akustik yang canggih untuk mengevaluasi posisi musuh dengan menentukan koordinat target pada sebuah sebuah layar kecil sebagai indikatornya. Warrior-X yang dilengkapi dengan prosesor yang memiliki detektor paling canggih di pasaran. Detektor itu telah juga dimodifikasi oleh ilmuwan militer AS untuk digunakan di Irak.
Saat musuh menembak, maka sistem akustik akan mengetahui arah tembakan musuh, dan display alat itu akan menunjukkan indikator panah yang memperlihatkan lokasi musuh.
Teknologi ini juga menggunakan sebuah software yang mampu menyediakan update secara berkala atas lokasi musuh, bahkan saat musuh sudah bergerak karena merasa tersudut.

 article 0 0C9F87AC000005DC 103 468x323 Alat Pelacak Lokasi Penembak Jitu Musuh | Sniper | Boomerang Warrior X
Tak hanya itu, Warrior-X juga bisa terhubung dengan sistem senjata Joint Tactical Air Controllers untuk memberikan lokasi musuh yang tepat kepada pilot pesawat tempur yang hendak melakukan serangan udara. Senjata yang secara resmi dikenal dengan nama Compact Soldier Worn Shooter-Detector System itu, tiap unitnya dijual seharga 10 ribu poundsterling atau sekitar Rp 140 juta.
Pasukan Inggris telah memesan 1.000 unit Warrior-X untuk digunakan di Provinsi Helmand Afganistan. Bila alat in terbukti membantu, Inggris akan melengkapi lebih banyak lagi pasukannya dengan gadget ini.
“Alat ini sedikit banyak bisa membantu pasukan untuk lebih menjaga keselamatan mereka. Model awal yang lebih besar dari alat ini telah digunakan oleh pasukan AS di Irak, juga di Afganistan. Namun, ini pertama bagi Inggris dan bisa dipandang sebagai alat yang revolusioner,” ujar sumber senior militer Inggris.     
sumber vivanews
 
TENTARA Inggris menguji perangkat baru revolusioner, guna menentukan sasaran dengan posisi tepat terhadap penembak jitu berjarak 1000 meter. ‘Sniper spotter’, sistem komputerisasi kecil yang dikembangkan ilmuwan tentara di Defense Science dan Technology Laboratorium di Wiltshire, bisa mengidentifikasi lokasi penembak jitu dalam sekejap. Hal ini memungkinkan pasukan Inggris menembak kembali dengan cepat dan akurat.
Gadget baru berteknologi tinggi ini berbentuk persegi, dengan ukuran 4 inci dan berat 0,3 kg. Alat itu dipakai di lengan prajurit dan terhubung ke sebuah sensor bahu dengan titik-titik lokasi. Perangkat ini akan diujicoba bulan ini bersama Resimen Parasut di Afghanistan. Teknologi pengolahan akustik yang kuat dari detektor bisa mengevaluasi posisi musuh dengan menentukan target koordinat di layar kecil dengan indikator panah. Terdapat headset sebagai alat sambung ke perangkat.
Prosesor Boomerang Warrior-X demikian namanya, merupakan detektor termaju di pasar, dan telah disempurnakan oleh para ilmuwan dari sistem AS yang digunakan di Irak.
Detektor berbentuk persegi kecil ini bekerjasama dengan Joint Tactical Air Controllers, untuk meneruskan lokasi tepat dari musuh yang digunakan pilot tempur pada sebuah serangan udara.
Sebuah sumber mengatakan, setiap unit gadget yang disebut Compact Soldier Worn Shooter-Detector System ini berharga sekitar Rp138.900.000.
Sebanyak 1.000 perangkat telah dikirim untuk pasukan Inggris di Provinsi Helmand Selatan, Istanbul, dan Afghanistan. Jika percobaan ini berhasil, akan lebih banyak tentara dilengkapi perangkat tersebut pada akhir 2011.
Cara kerja teknologi ini merupakan rahasia yang dijaga ketat. Namun ada perangkat lunak yang menyediakan update konstan lokasi musuh. Bahkan jika mereka sedang memindahkan posisi penembakan.

sumber Mediaindonesia Jika terus begini teknologi sekutu makin maju sedangkan osamah tak bisa juga ditangkap.. saudara kita di Afghanistan sasaran percobaan senjata mereka.


0 komentar:

Posting Komentar


Extended Network Banners
Online Now Icons
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger